Sabtu, 02 Maret 2013

Donat Kentang


Donaaaat......Siapa sih yang nggak suka. Jadi ceritanya sore-sore pengen ngemil donat tapi ga punya stock. Makan nasi tetep aja laperr, ngukus ubi masih juga laperrrr. Ohhh Tuhan inikah yang dinamakan ngidam. Pengen pesen ke suami supaya entar bawain donat pas pulang ngantor tapi kok yaaa masih lama. Baiklaaah demi dedek bayi supaya entar nggak ngileran saya sama Kay mengumpulkan niat membuat donat.
 Ini entah ke berapa kalinya saya buat donat kentang, dan kebanyakan pakai resep dari Mbak Rina tapi sedikit nambahin kentangnya lebih banyak biar aroma kentangnya lebih keluar. Saya pakai setengah resep, biar ga jadi terlalu banyak dan adonan tidak tersimpan. Kalau saya sih nggak suka donat dari adonan sisa yang tersimpan.

Donat Kentang
Bahan
250 gr kentang kukus yang dihaluskan
200 gr tepung terigu
1 butir telur
1 sdt ragi instan
40 gr gula pasir
40 gr mentega
1/2 sdt garam
30 gr susu bubuk

Cara:
  1. Campur semua bahan, kecuali mentega dan garam. Kemudian uleni hingga tercampur. Setelah tercampur rata semua bahan, masukkan mentega dan uleni kembali hingga kalis dan elastis. Kemudian tambahkan garam. Uleni lagi hingga rata. Adonan akan sedikit lengket, tapi nggak papa.
  2. Bulatkan adonan diamkan selama 1 jam atau hingga mengembang 2 kali lipat
  3. Setelah didiamkan, kempiskan adonan. Ambil 50 gr adonan, buat bulatan. Adonan akan sedikit lengket, untuk membulatkan lumuri tangan dengan tepung terigu untuk memudahkan. Setelah itu diamkan lagi selama 1 jam dengan ditutup kain/serbet.
  4. Setelah didiamkan 1 jam, adonan akan mengembang. Siapkan wajan dengan minyak panas sedang. Lubangi adonan dan goreng hinga kecoklatan
  5. Pakai bantuan sumpit untuk memutar-mutar donat ketika digorng supaya bentuknya tetap cantik
  6. Huaalaaa siap deh ngemil donat. Tinggal tambahkan lelehkan coklat sebagai topingnya.




1 komentar: