Kamis, 29 Maret 2012

Japanese Cheesecake


 Pertama kali nyobain Japanese Cheesecake (JCC) di sebuat toko, udah kepincut duluan. Bertekat bikin JCC yang seenak dan yummy kayak gitu. Cakenya lembut, ga eneg, dan bikin nagih. Cakenya juga ga terlalu ngejuu rasanya jadi buat yang ga terlalu suka keju, cake ini pas banget. Akhirnya nemu resep yang cocok. Ini dia resepnya :


Sumber : NCC
Japanese Style Cheesecake

campur dan ayak:
50 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena
bahan:
60 gr mentega tawar
250 gr cream cheese, biarkan pada suhu ruang
120 ml whip cream
3 kuning telur
1 butir telur
2 sdt kulit jeruk lemon parut
5 putih telur
1/8 sdt garam
125 gr gula pasir halus
1 sdt air jeruk lemon

topping: (Nina : pakai gula halus dan coklat bubuk )
2 sdm selai apricot
2 sdm air



caranya: 
1. Siapkan loyang bulat 22 cm, alasi kertas roti, olesi mentega. Pasang oven 150 derajat Celsius.
2. Campur mentega, cream cheese dan whip cream dalam wadah. Didihkan dengan api kecil, aduk hingga lembut, angkat dari api.
ditunggu biar uap panasnya hilang, agak hangat baru dimasukin tepung, setelah itu kuning telur.
3. Masukkan campuran tepung, aduk rata. Masukkan kuning telur dan 1 butir telur, aduk rata. Masukkan kulit jeruk lemon, aduk rata, sisihkan.
4. Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai terbentuk kerucut-kerucut tumpul (soft peak).
5. Tuang 1/3 adonan putih telur ke adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur, aduk rata. Tuang adonan ke loyang, panggang dengan cara au bain marie, kurang lebih 75 menit sampai permukaan matang, kuning keemasan. Keluarkan dari oven.
6. Setelah benar-benar dingin, lepaskan cake dari loyang. Panaskan selai apricot dan air, oleskan ke permukaan cheesecake.



Saya hanya pakai setengah dari bahan resep karena cheese cream didapur cuma sedikit. Hasilnya ya cuma sekali makan aja besoknya udah ludes hehehe.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar