Sabtu, 16 Februari 2013

Molten Cake


Teman ibu hamil adalah coklat dan musuhnya adalah timbangan serta omelan dokter tentang berat badan. Ah tapi banyak yang bilang, saya hamilnya nggak terlalu keliatan kok (yeee ge er ),  jadi gapapa banyak-banyak makan cokelat. Nyang penting hepiiii, Happy mommy akan menghasilkan happy baby hahaha.
Jadilah siang-siang mulai sambil masak menu makan siang disambi bikin cake ini dengan bantuan asisten cilik saya yang cantik (kayak emaknya pastinya). Molten cake yang ini dikukus dan no mixer, jadi bisa banget disambi masak tapi hati-hati ini perlu jam terbang tinggi di dapur *gaya superman terbang*. Hasiiiilllnyaaaa....cakenya lembut dengan lumeran coklat yang coklat banget :p. Buat penggila coklat silahkan coba..

Molten Cake ( resep dari majalah Mother and Baby)
Bahan:
60 gr terigu
20 gr cokelat bubuk
1/4 sdt garam
1/2 sdt baking powder
75 gr gula pasir
2 butir telur
75 gr dark chocolate tim hingga meleleh
5 sdm margarin cair ( kalo pake margarin gulanya agak banyakin dan ga usah pake garem, atau bisa diganti dengan mentega tawar)

filling:
100 gr dark chocolate, potong-potong
50 ml krim kental

Cara membuat:
  1. Panaskan krim kental,angkat. Masukkan potongan cokelat, aduk hingga rata dan kental. Sisihkan
  2. Campurkan tepung terigu, cokelat bubuk, garam, dan baking powder dalam mangkuk, aduk rata.
  3. Kocok telur dan gula pasir denga ballon whisk hingga berbusa. Masukkan campuran tepung ke dalam adonan telur sedikit demi sedikit, aduk rata.
  4. Tuang cokelat dan margarin cair ke dalam adonan, aduk rata kembali dengan spatula
  5. Tuang adonan ke dalam mangkuk tahan panas (saya pake cetakan muffin) yang telah diolesi margarin hingga setengah tinggi mangkuk, tuang adonan filling, lalu tuang adonan cokelat kembali. Kukus selama 25 menit atau hingga matang.
  6. Angkat lalu sajikan dengan taburan gula halus.




6 komentar:

  1. enak ya mak...
    kayaknya pengen nyoba bikin deh...

    BalasHapus
  2. Waahh.... sore tadi saya baru mikir, aku pengen bikin molten cake tanpa mixer n tanpa oven. Eh.... ternyata ada. Makasih ya... udah sharing resep nya

    BalasHapus
  3. wah makasih resepnya... bermanfaat buat anak kos yang ga punya oven :)

    BalasHapus